Kurikulum 2013: Pramuka Jadi Kegiatan Wajib Ekstrakurikuler

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh menegaskan kurikulum 2013 akan dilaksanakan pada 15 Juli 2013. Ada rencana penambahan waktu dalam kurikulum baru dari 26 jam menjadi 30 jam seminggu, karena kewajiban ekstrakulikuler pramuka.

“Pramuka wajib di setiap sekolah, melalui pramuka NKRI akan terjaga secara utuh,” kata M Nuh dalam acara sosialisasi Kurikulum 2013 yang bertema ‘Kreatif Inovatif Karakter’ di Aula Dinas Pendidikan Jabar, Jalan Radjiman, Bandung, Sabtu (16/3).

Terkait anggaran, M Nuh meyakinkan tidak ada masalah karena Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sudah menyetujui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). “DPR sudah menyetujui DIPA Rp 73 triliun dan sudah diteken, di mana di dalamnya ada komponen kurikulum buku,” terangnya.

Mendikbud tengah merombak menjadi buku terpadu atau tematik integratif. Untuk Sekolah Dasar (SD) yang semula ada 10 menjadi berkurang. Baginya buku tidak akan menelan waktu lama untuk proses baik tender atau pun cetak.

“Kalau SD kelas 1 menjadi 8, kelas 4 ada 9, SMP dan SMA tentu jumlahnya jadi lebih banyak. Buku tinggal nyetak dan tender. InsyaAllah bisa kekejar. Tender cuma 45 hari. Percetakan dan distribusi 70 hari,” jelasnya.

Dia menilai kurikulum 2013 ini tak bisa ditunda-tunda lagi. Sebab perubahan kurikulum akan terus mengikuti perkembangan dunia yang terus mengalami kemajuan, sehingga perlu ada perbaikan kurikulum. Penerapan kurikulum baru ini diperuntukkan untuk SD kelas 1 dan 4, SMP Kelas VII dan SLTA kelas X, namun belum menyeluruh.

“Sisanya 70 persen bisa dituntaskan di 2015 dan 2016, pembagiannya juga akan proporsional. Misal di Jabar 10 ribu, kita ambil dulu 30 persennya,” jelasnya.

Mendikbud Muhammad Nuh menjelaskan akan dibuat segitiga utuh yaitu kurikuler, ekstrakurikuler, dan ko-kurikuler.

“Yang kita bangun di dalam Kurikulum 2013 ini segitiga utuh, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap,” tegas Mendikbud dalam konperensi pers seusai Rapat Terbatas Kabinet di kantor Presiden, Jakarta.pramuka _oke

Diingatkan Mendikbud Muhammad Nuh, membangun sikap tidak bisa dilakukan hanya di dalam kelas tetapi dibentuk melalui ekstrakurikuler dan ko-kurikuler. Untuk itulah, lanjut Mendikbud, Pramuka adalah salah satu kegiatan yang diwajibkan dalam ekstrakurikuler.

“Pramuka mengajarkan nilai leadership, kebersamaan, dan sudah menjadi bukan hanya fenomena Indonesia tetapi juga dunia,” kata M. Nuh

“Yang jelas kurikulum ini kurikulum yang ngganteng (bagus) baik dari sisi konsep sampai sisi isinya,” jelas Mendikbud.

Tidak Dihapus

Dalam situs www.kemdiknas.go.id, Mendikbud Muhammad Nuh membantah anggapan  bahwa jika Kurikulum 2013 diterapkan akan ada penghapusan beberapa mata pelajaran. Kekhawatiran ini dijawab Mendikbud Mohammad Nuh, bahwa tidak ada penghapusan mata pelajaran, yang ada hanya pengintegrasian mata pelajaran.

“Mata pelajaran IPA dan IPS di sekolah dasar (SD) diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran. Pengintegrasian ini dilakukan karena penting, serta menyesuaikan zaman yang terus mengalami perkembangan pesat,” kata Mendikbud

Menurut Mendikbud Muhamma Nuh, hadirnya kurikulum baru bukan berarti kurikulum lama tidak bagus. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan. “Pergeseran paradigma belajar abad 21 dan kerangka kompetensi abad 21 menjadi pijakan di dalam pengembangan kurikulum 2013,” ujar Muhammad Nuh.

About these ads

0 Responses to “Kurikulum 2013: Pramuka Jadi Kegiatan Wajib Ekstrakurikuler”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Translate Bahasa Inggris

Tri Bendera

Pengunjung Online

Presiden RI Pertama

Bung Karno
free counters

Pesan Terakhir Baden Powell Of Gilwel

Pandu-pandu sedunia yang tercinta! Sebelum akhir hayatku kian mendekat, tak ada salahnya aku berpesan kepada kalian sebagai tanda perpisahan dariku untuk selama-lamanya sebelum meninggalkan semuanya…. Ini merupakan pesanku yang terakhir, camkanlah baik-baik dalam hatimu. Cita-citaku sebagian sudah tercapai sehingga dapat dipetik hasilnya. Sebagian lagi yang belum tercapai mudah-mudahan oleh kalian bisa diteruskan sehingga bisa bermanfaat buat hidupmu. Sesungguhnya Tuhan itu Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Jika kalian meneliti alam sekeliling ciptaan Tuhan, niscaya akan menyadari bahwa sesungguhnya hidup ini penuh dengan keajaiban yang dapat menimbulkan kebaikan dan keindahan bagi kita. Lebih baik kita mengamati dan menikmati segala macam yang kita anggap baik dan indah daripada kita selalu mencari-cari hal yang jelek. Keinginan tiada lain, berusahalah kalian agar kelak bila saatnya tiba untuk mengembuskan napas terakhir harus dalam keadaan bahagia dan puas. Oleh karena itu, selama hidup di dunia gunakanlah waktumu sebaik-baiknya. Berikhtiarlah terus dengan penuh optimistis untuk mencari kebahagiaan di atas dunia ini. Itu semua sudah tercantum dalam pegangan hidup kita berupa Janji Pandu (Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka). Sekali kita mengucapkan Sumpah Setya, maka seumur hidup akan tetap seorang pandu. Tuhan akan memberikan perlindunganNya bila kita senantiasa berusaha dengan niat suci dan ikhlas. Salam terakhir dari sahabatmu,

RSS Berita Terkini


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 178 other followers

%d bloggers like this: