Kak Kwarnas lantik Pengurus Antar Waktu Dewan Kerja Nasional Masa Bakti 2008-2013

Kak Kwarnas melatik dan mengukuhkan pengurus antar waktu Dewan Kerja Nasional masa bakti 2008-2011 di gedung Kwarnas lantai 1, pada hari kamis, 21 Juli 2011 pukul 15.00 WIB. Dalam acara tersebut hadir Andalan Nasional dan Staf Kwarnas.

Kak Kwarnas menyampaikan bahwa atas nama Kwarnas Gerakan Pramuka saya ucapkan terima kasih kepada pengurus Dewan Kerja Nasional (DKN) periode yang lalu yang telah melaksanakan kegiatannya dengan baik sekali. Selanjutnya atasnama kwarnas saya menyampaikan selamat kepada adik-adik yang baru saja dilantik untuk melaksanakan tugas Dewan Kerja dengan sebaik-baik.

Seperti tadi diumumkan, Dewan Kerja ini khusus dibentuk untuk mencoba menginisiasi kegiatan kepramukaan kelompok penggalang dan pandega. Saya pikir pembentukan Dewan Kerja dikaitkan dengan tugas pokok tadi itu sangat relevan sekali, Kenapa? Pada saat ini banyak kemudahan-kemudahan dan termasuk kelompok penggalang dan pandega sangat kurang dan tidak banyak yang masuk dalam Gerakan Pramuka.

Kita memang konsentrasi pada siaga dan penggalang, dibutuhkan suatu pendekatan-pendekatan khusus sehingga temen-temen yang banyak saudara itu dapat ikutserta dalam kegiatan pramuka atau paling tidak mereka menghayati dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip kepramukaan dan untuk melaksanakan ini memang tidak mudah.

Saya mencoba memenuhi udangan dari recana-recana dari Universitas, memang disana banyak adik-adik penegak dan pandega. Saya pikir pembina recana seharusnya mendapat prioritas adik-adik sekalian, terlalu banyak yang kita kerjakan. Jadi perlu adik-adik pikirkan kira-kira program-program apa sehingga kegiatan recana itu bisa dilaksanakan sebaik-baiknya akan berdampak positif karena recana yang ada tidak berjalan optimal, tidak jelas, banyak hal kedudukannya, hubungannya dengan universitas, kegiatan dengan masyarakat luas khan ini harus dibahas dan dibicarakan tentu keputusan terakhir pembahasan itu akan diambil oleh kwarnas. sehingga hubungan antar Civitas akedimika dapat berjalan. Dan apa yang perlu kita lakukan agar komunikasi antar recana itu bisa terlaksana dengan baik. Apa yang perlu kita lakukan sehingga program-program di recana bisa dimonitor. Saya berharap kalau dapat DKN memberikan perhatian terhadap pembina recana. Karena ada potensi besar kalau kita tidak menggarap pemuda penegak dan pandega maka kita akan kehilangan banyak karena itu saya hasil kemarin dari yogyakarta saya mengharapkan mereka itu bisa mengkoordinir sendiri malah kalau bisa ada forum komunikasi dan itu mestinya akan ada hubungan erat dengan DKN. Bagaimana hubungan recana-recana daerah dengan Dewan Kerja daerah perlu mendapatkan perhatian saudara. Karena saat ini sudah mengerucut, misalnya di Universitas IAIN sudah punya hubungan, misalnya mereka sudah mengadakan perkemahan sendiri. Kita harus coba menggalinya. Saya minta ini dapat dipikirkan bagi adik-adik DKN sehingga kita dapat memiliki organisasi yang utuh mempersatukan dan kegiatan kepramukaan makin berkembang di universitas. Ini pertama yang saya harapkan.

Kedua, adik-adik sekalian diharapkan bisa turut membina baik tingkat siaga dan penggalang. Konsepnya apa yang perlu dilakukan. Sehingga dengan demikian keberadaan adik-adik terutama adalah golongan penegak dan pandega termasuk dewasa muda. Kalau DKN dapat merumuskan program-program kita tahu banyak sekali anak-anak kita sudah masuk kelompok penegak dan pandega kita bisa manfaatkan kejelasan peranan mereka. Menurut saya bukan kesalahan meraka tidak tahu apa-apa, tapi akibat tidak jelas peranan mereka. Kalau bisa menggali setiap peranan seorang pandega itu dalam kehidupan kemasyarakatan, dalam kehidupan kepramukaan, dan kehidupan bernegara dan sebagainya. Kita bisa melihat Gerakan Pramuka makin lama makin berkembang. Jadi ini perlu sekali adik pikirkan.

Ketiga, saya ingin adik-adik tidak hanya jadi tokoh Gerakan Pramuka aja, saya ingin adik-adik menjadi tokoh nasional, sekarang pamongnya sudah ada. Silahkan mengunakan kesempatan tersebut sebagai tokoh nasional. Padahal tokoh nasional yang ada dimasyrakat berangkat dari latar belakang organisasi kurang jelas jauh dari organiasi kita yang lebih teratur, yang punya program dan tujuan jelas kenapa kita kalah. Mungkin dulu tidak pernah terpikirkan mengorbitkan saudara menjadi tokoh nasional. Saya minta ini menjadi program kita, tidak hanya saudara ditingkat pusat tapi juga temen-temen saudara diberbagai daerah benar-benar menjadi tokoh daerah di bidang kepemudaan.

Sumber: Humas-Kwarnas Gerakan Pramuka

0 Responses to “Kak Kwarnas lantik Pengurus Antar Waktu Dewan Kerja Nasional Masa Bakti 2008-2013”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Translate Bahasa Inggris

Tri Bendera

Arsip Blog

Katagori

Pengunjung Online

Presiden RI Pertama

Bung Karno
free counters

Pesan Terakhir Baden Powell Of Gilwel

Pandu-pandu sedunia yang tercinta! Sebelum akhir hayatku kian mendekat, tak ada salahnya aku berpesan kepada kalian sebagai tanda perpisahan dariku untuk selama-lamanya sebelum meninggalkan semuanya…. Ini merupakan pesanku yang terakhir, camkanlah baik-baik dalam hatimu. Cita-citaku sebagian sudah tercapai sehingga dapat dipetik hasilnya. Sebagian lagi yang belum tercapai mudah-mudahan oleh kalian bisa diteruskan sehingga bisa bermanfaat buat hidupmu. Sesungguhnya Tuhan itu Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Jika kalian meneliti alam sekeliling ciptaan Tuhan, niscaya akan menyadari bahwa sesungguhnya hidup ini penuh dengan keajaiban yang dapat menimbulkan kebaikan dan keindahan bagi kita. Lebih baik kita mengamati dan menikmati segala macam yang kita anggap baik dan indah daripada kita selalu mencari-cari hal yang jelek. Keinginan tiada lain, berusahalah kalian agar kelak bila saatnya tiba untuk mengembuskan napas terakhir harus dalam keadaan bahagia dan puas. Oleh karena itu, selama hidup di dunia gunakanlah waktumu sebaik-baiknya. Berikhtiarlah terus dengan penuh optimistis untuk mencari kebahagiaan di atas dunia ini. Itu semua sudah tercantum dalam pegangan hidup kita berupa Janji Pandu (Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka). Sekali kita mengucapkan Sumpah Setya, maka seumur hidup akan tetap seorang pandu. Tuhan akan memberikan perlindunganNya bila kita senantiasa berusaha dengan niat suci dan ikhlas. Salam terakhir dari sahabatmu,

RSS Berita Online

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

%d bloggers like this: