Gerakan Pramuka Perlu Revitalisasi

Semenjak reformasi bergulir, Gerakan Pramuka sedikit terlupakan. Dan adanya pemberlakuan otonomi daerah, pembinaan gerakan pramuka diserahkan ke masing-masing daerah, sehingga tak ada pentunjuk atau standarisasi terhadap gerakan pramuka itu sendiri dari pusat hingga ke tingkat daerah.
“Sepertinya lepas begitu saja, standar gerakan pramuka itu sendiri harus bagaimana tidak ada petunjuknya. Makanya perlu revitalisasi kembali gerakan pramuka ini, harus diatur ulang, diadakan seleksi terhadap pelatih dan pembinaan-pembinaan gerakan pramuka pusat hingga daerah. Kedepan harus menjadi prioritas oleh pusat supaya terjadi keseragaman,” kata Bupati Bangka Yusroni Yazid kemarin (17/8).
Bupati menjelaskan, bila ada keseragaman tentu akan lebih mudah digerakkan. Tapi, apabila diserahkan ke masing-masing daerah, seperti sekaranglah kondisinya, tidak ada standarnya. “Mestinya gerakan pramuka pusat yang membuat standartnya, agar penjabarannya ke daerah lebih efektif,” ujarnya.
Pembinaan di daerah selama ini, tandas Bupati, tetap dilakukan dan dianggarkan biayanya oleh Pemkab Bangka, kemudian diinstruksikan ke setiap sekolah-sekolah untuk melakukan hal itu. Tetapi standarisasi yang resmi dari pusat kelihatannya masih belum seragam untuk pembinaan secara menyeluruh.
“Kalau dulu, pramuka memang digerakkan dari atas ke bawah, sudah jelas arahnya. Kita harapkan gerakan pramuka ini juga harus ada perubahan secara sgnifikan terhadap pola pembinaan pramuka itu sendiri. Mungkin selama ini anak muda sekarang kurang tertarik pramuka, karena cara-cara itu yang mereka anggap sudah lama, monoton. Karenanya, harus dimodifikasi, jangan hanya kegiatan jambore saja, tetapi harus ada penyesuaian terhadap perkembangan zaman, sehingga gerakan pramuka tidak dianggap sebagai gerakan jadul (jaman dulu-red),” imbuhnya.(sf/3).

Sumber: http://www.rakyatpos.com

0 Responses to “Gerakan Pramuka Perlu Revitalisasi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Translate Bahasa Inggris

Tri Bendera

Arsip Blog

Katagori

Pengunjung Online

Presiden RI Pertama

Bung Karno
free counters

Pesan Terakhir Baden Powell Of Gilwel

Pandu-pandu sedunia yang tercinta! Sebelum akhir hayatku kian mendekat, tak ada salahnya aku berpesan kepada kalian sebagai tanda perpisahan dariku untuk selama-lamanya sebelum meninggalkan semuanya…. Ini merupakan pesanku yang terakhir, camkanlah baik-baik dalam hatimu. Cita-citaku sebagian sudah tercapai sehingga dapat dipetik hasilnya. Sebagian lagi yang belum tercapai mudah-mudahan oleh kalian bisa diteruskan sehingga bisa bermanfaat buat hidupmu. Sesungguhnya Tuhan itu Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Jika kalian meneliti alam sekeliling ciptaan Tuhan, niscaya akan menyadari bahwa sesungguhnya hidup ini penuh dengan keajaiban yang dapat menimbulkan kebaikan dan keindahan bagi kita. Lebih baik kita mengamati dan menikmati segala macam yang kita anggap baik dan indah daripada kita selalu mencari-cari hal yang jelek. Keinginan tiada lain, berusahalah kalian agar kelak bila saatnya tiba untuk mengembuskan napas terakhir harus dalam keadaan bahagia dan puas. Oleh karena itu, selama hidup di dunia gunakanlah waktumu sebaik-baiknya. Berikhtiarlah terus dengan penuh optimistis untuk mencari kebahagiaan di atas dunia ini. Itu semua sudah tercantum dalam pegangan hidup kita berupa Janji Pandu (Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka). Sekali kita mengucapkan Sumpah Setya, maka seumur hidup akan tetap seorang pandu. Tuhan akan memberikan perlindunganNya bila kita senantiasa berusaha dengan niat suci dan ikhlas. Salam terakhir dari sahabatmu,

RSS Berita Online

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

%d bloggers like this: