Pramuka Mempunyai Peran Penting dalam Pendidikan Karakter

Pramuka merupakan gerakan kepanduan di Indonesia yang tetap eksis sejak jaman sebelum kemerdekaan sampai sekarang. Kiprahnya di Indonesia semakin kuat dengan lahirnya Undang-undang tentang Kepramukaan.

Arah gerakan Pramuka dapat dilihat dari syair lagu Hymne Pramuka :

Kami Pramuka Indonesia
Manusia Pancasila
Satyaku Kudarmakan
Darmaku kubaktikan
Agar Jaya Indonesia
Indonesia Tanah Airku
Kami jadi pandumu

Dari lagu tersebut diketahui Pramuka hendak dijadikan kader pembangunan yang bermoral Pancasila.

Melihat arah gerakan Pramuka yang hendak menjadikan kader pembangunan yang bermoral Pancasila, sungguh mempunyai peran yang sangat strategis bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Kader pembangunan berarti Pramuka ikut berperan serta aktif dalam kegiatan pembangunan dan juga bersama-sama dengan itu berperan aktif dalam menumbuhkan tunas-tunas bangsa (perkaderan).

Bermoral Pancasila berarti Pramuka membentuk manusia khas Indonesia yang bermoral berdasarkan Pancasila. Manusia khas Indonesia berarti manusia yang hidup di bumi Indonesia dengan segala latar belakang sosial dan budayanya. Bermoral Pancasila berarti ber-Ketuhanan, berkemanusiaan, menjaga persatuan, bergotong royong, berkeadilan sosial.

Namun demikian kenyataan di lapangan mengenai gerakan Pramuka terkadang cukup memprihatinkan. Seragam Pramuka yang dikenal juga dengan Korjasena memang telah memasyarakat, namun demikian seragam tersebut belum tentu menjadi kebanggaan bagi setiap generasi muda Indonesia.

Di sekolah-sekolah, banyak sekolah yang menjadikan Pramuka sebagai kegiatan wajib bagi peserta didik. Meskipun telah diwajibkan, Pramuka belum menjadi kegiatan favorit bagi generasi muda kita. Kegiatan-kegiatan Kepramukaan yang ada banyak yang masih terkesan formalitas semata.

Jika kegiatan kepramukaan tidak menjadi kegiatan wajib di sekolah-sekolah bisa jadi banyak yang tidak memilih Pramuka. Bisa jadi generasi muda kita lebih suka hal-hal yang sedang populer, misalnya Facebook, Twitter, K-Pop, dan sebagainya. Ini merupakan tantangan bagi Pramuka ke depan. Bagaimana agar Pramuka bisa tetap diminati bagi generasi muda sesuai dengan jamannya.

Pendidikan Karakter

Pendidikan di Indonesia sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan dan memasyarakatkan pendidikan karakter. Berlatar degradasi moral, maka pemerintah perlu menyelamatkannya melalui pendidikan karakter.

Sebuah ironi di saat Pramuka yang penuh dengan pendidikan karakter sedang terus dihidupkan, sementara itu pendidikan karakter juga digencarkan. Pramuka sebagai gerakan moral Pancasila tentu sudah tidak diragukan lagi peranannya. Sedangkan pendidikan karakter merupakan hal yang masih kurang begitu jelas bentuknya. Sebelum digalakkan pendidikan karakter, sebenarnya pendidikan kita sudah menggalakkan pendidikan karakter. Bahkan jauh sebelumnya sudah ada sekolah-sekolah yang menjadikan pelajaran Budi Pekerti sebagai muatan lokal.

Dan akan menjadi sebuah paradoks yang memprihatinkan jika gerakan Pramuka kian luntur, sementara mulai dihidupkan kembali pendidikan karakter. Sesuatu yang banyak menguras energi kita semua tentunya.

Gerakan Pramuka idealnya menjadi salah satu penopang dari pendidikan karakter yang sangat strategis. Pramuka dapat dikatakan lengkap-lengkip baik teori maupun praktik dalam membentuk karakter manusia Indonesia. Manusia yang ber-Tuhan tanpa merasa benar sendiri. Manusia yang berkepribadian Indonesia. Manusia yang mengembangkan cinta kasih dan perdamaian. Manusia yang menjunjung tinggi Merah Putih.

Semangat Kebangsaan

Di antara arus globalisasi. Arus yang membawa beraneka limbah yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia yang luhur dan bersahaja.

Di antara berbagai persoalan sosial politik dan bidang lainnya di dalam negeri. Permasalahan yang terkadang dapat mengancam persatuan kesatuan, keamaan, kemajemukan bangsa.

Pramuka menjadi salah satu gerakan yang tetap konsisten dalam mejaga dan mengobarkan semangat kebangsaan. Api unggun yang kerap dinyalakan dalam kegiatan kepramukaan seakan menjadi lambang semangat kebangsaan yang senantiasa berkobar di bumi Indonesia.

………….
Kalau hari sudahlah petang
Tenang di hati datang
Waktu berapi unggun tiba
Saat bersuka ria

Kita duduk berlingkar-lingkaran
Tak ada mula akhirnya
Lingkaran persaudaraan
Kita kuat eratkan
………………………..(Lagu OAIO)

Salam Pramuka

Sumber: http://sosbud.kompasiana.com

0 Responses to “Pramuka Mempunyai Peran Penting dalam Pendidikan Karakter”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Translate Bahasa Inggris

Tri Bendera

Pengunjung Online

Presiden RI Pertama

Bung Karno
free counters

Pesan Terakhir Baden Powell Of Gilwel

Pandu-pandu sedunia yang tercinta! Sebelum akhir hayatku kian mendekat, tak ada salahnya aku berpesan kepada kalian sebagai tanda perpisahan dariku untuk selama-lamanya sebelum meninggalkan semuanya…. Ini merupakan pesanku yang terakhir, camkanlah baik-baik dalam hatimu. Cita-citaku sebagian sudah tercapai sehingga dapat dipetik hasilnya. Sebagian lagi yang belum tercapai mudah-mudahan oleh kalian bisa diteruskan sehingga bisa bermanfaat buat hidupmu. Sesungguhnya Tuhan itu Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Jika kalian meneliti alam sekeliling ciptaan Tuhan, niscaya akan menyadari bahwa sesungguhnya hidup ini penuh dengan keajaiban yang dapat menimbulkan kebaikan dan keindahan bagi kita. Lebih baik kita mengamati dan menikmati segala macam yang kita anggap baik dan indah daripada kita selalu mencari-cari hal yang jelek. Keinginan tiada lain, berusahalah kalian agar kelak bila saatnya tiba untuk mengembuskan napas terakhir harus dalam keadaan bahagia dan puas. Oleh karena itu, selama hidup di dunia gunakanlah waktumu sebaik-baiknya. Berikhtiarlah terus dengan penuh optimistis untuk mencari kebahagiaan di atas dunia ini. Itu semua sudah tercantum dalam pegangan hidup kita berupa Janji Pandu (Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka). Sekali kita mengucapkan Sumpah Setya, maka seumur hidup akan tetap seorang pandu. Tuhan akan memberikan perlindunganNya bila kita senantiasa berusaha dengan niat suci dan ikhlas. Salam terakhir dari sahabatmu,

RSS Berita Terkini

  • Ancelotti: Penampilan Terbaik Madrid Musim Ini October 22, 2014
    Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti puas betul dengan kemenangan yang didapat dari Liverpool. Dia pun memuji penampilan 'Si Putih' di Anfield sebagai yang terbaik sejauh ini di musim 2014/2015.
  • Kepolisian Kanada Selidiki Pelaku Lain di Penembakan Gedung Parlemen October 22, 2014
    Kepolisian Kanada masih menyelidiki terkait aksi penembakan di Gedung Parlemen di Ottawa, Kanada. Belum ada konfirmasi dari aparat setempat yang menyebut pelaku tunggal atau lebih dari satu orang dalam melakukan aksinya itu.
  • 'Jalan Juve di Eropa Jadi Rumit' October 22, 2014
    Juventus sudah menelan dua kekalahan di laga-laga Grup A Liga Champions musim ini. Kiper Bianconeri, Gianluigi Buffon, sampai menyebutkan bahwa jalan tim asal Turin itu di Eropa pun menjadi rumit.
  • CR7 'Pecah Telur' di Anfield October 22, 2014
    Sebelumnya Anfield selalu jadi tempat yang tak bersahabat untuk Cristiano Ronaldo. Tapi Kamis (23/10) dinihari WIB ini, Ronaldo akhirnya memutus rangkaian laga tanpa gol di markas Liverpool itu.
  • Tevez Puji Penampilan Kiper Olympiakos October 22, 2014
    Juventus harus mengakui keunggulan Olympiakos saat melakoni matchday 3 Liga Champions. Striker Bianconeri, Carlos Tevez, menyebut bahwa penampilan Roberto Gago menjadi kunci kemenangan Olympiakos.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 178 other followers

%d bloggers like this: